Total Tayangan Halaman

Minggu, 15 Januari 2012

Industri Industri kota Pati


Industri – Industri Di Kota Pati
Pabrik Gula
Di kecamatan Trangkil terdapat sebuah pabrik gula yaitu PG. Trangkil. Pabrik ini telah berdiri sejak tahun 1835, kapasitas giling terpasang awal ketika didirikan adalah 800 tth. Hingga tahun 2005 PG Trangkil melakukan Program Pengembangan PT Kebon Agung dengan sasaran kapasitas giling 4.500 tth. Pabrik gula Trangkil terletak di desa Trangkil.


Pabrik Garuda Food
GarudaFood adalah perusahaan makanan dan minuman di bawah kelompok usaha Tudung (Tudung Group). Selain GarudaFood, Tudung Group juga menaungi SNS Group (PT Sinar Niaga Sejahtera, bergerak di bisnis distribusi dan logistik), PT Bumi Mekar Tani (BMT, fokus di bidang plantations), PT Nirmala Tirta Agung (NTA, bisnis air minum dalam kemasan bermerek Mayo), PT Dairyland Indonesia (DLI, memasarkan susu kemasan kaleng bermerek Prestine), dan Global Solusi Inti (GSI, bergerak di bidang pelayanan jasa pelatihan, seminar, event-organizer, dan konsultasi manajemen).
GarudaFood Group berawal dari PT Tudung, didirikan di Pati, Jawa Tengah, pada 1958 dan bergerak di bisnis tepung tapioka. Pada 1979 PT Tudung berganti nama menjadi PT Tudung Putrajaya (TPJ). Pendiri perusahaan adalah mendiang Darmo Putro, mantan pejuang yang memilih menekuni dunia usaha setelah bangsa Indonesia merdeka.
Pada awal 1987 TPJ mulai menjual hasil produksi kacangnya dengan merk Kacang Garing Garuda, yang belakangan dikenal dengan sebutan ringkas: Kacang Garuda. Kacang Garuda meraih pelbagai penghargaan sbb: Indonesian Customer Satisfaction Award (ICSA) kategori kacang bermerek delapan kali berturut-turut (2000-2007); Superbrands (2003); Top Brand for Kids (2004); Indonesian Best Brand Award (IBBA, 2004-2007); Top Brand (2007).
Tatkala perekonomian nasional tengah dihantam krisis ekonomi, Desember 1997 GarudaFood mendirikan PT GarudaFood Jaya yang memproduksi biskuit bermerek Gery. Periode 2005-2007 Gery Saluut meriah Indonesian Best Brand Award (IBBA) dari MARS dan majalah SWA untuk kategori wafer salut. Pada 2007 Gery Chocolatos meraih IBBA kategori wafer stick.
Pada 1998 GarudaFood mengakuisisi PT Triteguh Manunggal Sejati (TRMS), produsen jelly dan meluncurkan produk jelly bermerek Okky dan Keffy. Prestasi Okky Jelly dibuktikan dari keberhasilan meraih Top Brand for Kids (TBK) Award 2004 untuk kategori jelly. Di samping TBK, OKKY Jelly juga berhasil meraih IBBA (2004-2007). Okky Jelly Drink juga meraih penghargaan Top Brand 2007 dari majalah Marketing dan Frontier.
Pada akhir 2002 TRMS meluncurkan produk minuman jelly bermerek Okky Jelly Drink sekaligus babak baru GarudaFood masuk ke bisnis minuman (beverages). Keseriusan GarudaFood menekuni bisnis minuman juga semakin kentara dengan diluncurkannya Mountea, minuman teh rasa buah. Mountea bahkan mencatat prestasi IBBA 2007 kategori minuman teh dalam kemasan cup.
Pada tahun 2000 Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sepakat menggabungkan TPJ, Garuda Putra Putri Jaya, dan GarudaFood Jaya dalam satu nama: PT GARUDAFOOD PUTRA PUTRI JAYA (GPPJ).
GarudaFood juga memproduksi snack bermerek Leo, untuk kategori produk kripik kentang, kripik pisang, kripik singkong, dan krupuk mulai akhir 2005. Pada 2007, Leo meraih IBBA kategori snack kentang. Selain itu juga merambah bisnis snack jagung dengan merek O’Corn.
Di tingkat nasional, GarudaFood juga dipersepsi positif sebagai salah satu perusahaan makanan dan minuman idaman. Survey yang dilakukan Frontier dan majalah BusinessWeek Indonesia di Jakarta dan Surabaya pada 2006 dan 2007 menyebutkan GarudaFood berada di urutan ketiga Indonesian Most Admired Company (IMAC). GarudaFood juga aktif menjalankan program corporate social responsibility (CSR) di bawah bendera GarudaFood Sehati.

Pabrik Kacang Dua Kelinci

Produsen kacang garing di Pati, terdapat dua perusahaan terkenal, yakni PT Dua Kelinci dan PT Garuda Food yang sama-sama memproduksi kacang garing. PT Dua Kelinci Ali Arifin dan Hadi Sutiono, berlokasi di Pati, Jawa Tengah pada tahun 1985.

Dalam perkembangannya hingga saat ini, PT Dua Kelinci selalu menggunakan kacang tanah berkualitas dan memprosesnya dengan teknologi canggih sehingga menghasilkan produk yang kacang garing dan berkualitas.

Awalnya, hanya menjual produk berupa kacang garing, tapi sesuai perkembangannya dalam mengikuti permintaan pasar akhirnya mengeluarkan berbagai produk, sepert kacang garing, kacang salut, dan makanan ringan, seperti pilus atau makanan ringan dan makanan lain yang merupakan produk kembangan dari kacang Dua Kelinci yang terbuat dari kacang-kacangan selain kacang tanah. Misalnya memanfaatkan bahan baku kacang koro dan kacang polong.

Masyarakat yang ingin membeli langsung sejumlah produk kacang dua kelinci dapat mendatangi gerai yang tersedia tepat di depan pabrik yang berada di Jalan Pati-Kudus. Bahkan, pembeli bisa memilih sejumlah paket yang terdiri dari berbagai jenis produk Dua Kelinci dan dipastikan tidak terjual bebas di pasaran.

Pembeli yang menginginkan kacang dingin juga bisa membeli di gerai khusus PT Dua Kelinci dengan fasilitas parkir kendaraan yang cukup luas.
PT Garuda Food juga memiliki produk kacang garing serupa dengan PT Dua Kelinci serta sejumlah makanan yang terbuat dari bahan kacang. Bahkan, sejumlah invoasi mulai dikembangkan untuk mamasarkan kacang tanah bagi masyarakat awam pada umumnya hanya dipersepsi sebagai jenis makanan ringan yang cocok dinikmati dalam berbagai kesempatan.

Bahkan, tidak banyak yang mengetahui betapa tingginya kandungan gizi pada jenis bahan makanan ini, sehingga PT Garuda Food berupaya menciptakan sejumlah produk baru.
PT Garuda Food terus menggali inovasi untuk meluncurkan produk-produk baru yang benar-benar memberikan nilai tambah kepada konsumen. Kini tak kurang dari 10 item varian kacang berhasil diproduksi, seperti kacang atom, kacang atom pedas, kacang kulit rawa bawang, kacang kulit khusus isi tiga, dan jenis produk kacang lainnya.

Perkebunan Hampir semua kecamatan di Kabupaten Pati terdapat tanaman kapuk randu, tetapi areal terluas ada di Kecamatan Gunungwungkal, Kecamatan Gembong, Kecamatan Tlogowungu, Kecamatan Cluwak, dan Kecamatan Sukolilo.

Adapun luas lahan produktif mencapaua 15.112 hektare, dengan total produksi kapuk odol sebesar 8,37 juta kilogram.

Kabupaten Pati juga memiliki komoditas kelapa kopyor yang bisa dijual ke sejumlah daerah di Jateng. Tercatat, luas areal yang ditanami kelapa kopyor mencapai 222,50 hektare dengan total produksi mencapai 298.279 butir. Daerah yang paling banyak memiliki tanaman kelapa kopyor, yakni Kecamatan Dukuhseti, Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Tayu, Kecamatan Wedarijaksa, Kecamatan Gembong, dan Kecamatan Trangkil.

Sedangkan luas areal tanaman kelapa biasa mencapai 6.453 hektare dengan total produksi mencapai 21,26 juta butir. Lokasinya tersebar di semua wilayah kecamatan di Kabupaten Pati. Jumlah terbesar, yakni Kecamatan Dukuhseti, Kecamatan Gembong, Kecamatan Tayu, Kecamatan Cluwak, Kecamatan Sukolilo, Kecamatan Margoyoso, Kecamatan Tlogowungu, dan Kecamatan Winong.

Kopi juga tumbuh dengan baik di kabupaten ini, mengingat luas lahan tanaman kopi milik rakyat saja mencapai 1.652,95 hektare dengan tingkat produksi mencapai 478.058 kilogram biji kopi kering, sedangkan milik PTP IX seluas 440 hektare dengan total produksi sekitar 127.160 kilogram biji kopi kering.

Tanaman tebu juga tumbuh di mana-mana, mengingat di Kabupaten Pati memiliki dua Pabrik Gula, yakni di Trangkil yang dikenal dengan PG Trangkil dan di Pakis yang dikenal dengan PG Pakis. Dari 21 kecamatan di Kabupaten Pati hanya dua kecamatan yang tidak termasuk sebagai penghasil tebu, yakni Kecamatan Cluwak, dan Kecamatan Gunungwungkal.

(Frestinata Komaradewa)
(IX-D/13)

2 komentar:

  1. #epoxysurabaya #epoxypasuruan #epoxysemarang #epoxyjawatimur #epoxyjawatengah #epoxybandung #epoxybanten #epoxyjakarta #epoxytangerang #epoxybogor #epoxybekasi #epoxyserang #epoxyjawabarat #epoxyjabodetabek #epoxyindonesia
    Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
    2. Percetakan - Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
    4. Pabrik Plastik - Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
    6. Pabrik Furniture - Semarang
    7. Pabrik Herbal - Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor - Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile - Semarang
    11. Pabrik mesin - Semarang
    12. Pabrik Minuman instan - Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Pengalengan makanan - Yogyakarta
    22. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
    23. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
    24. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Hp 0821 3851 5538
    WA 0813 9307 1048

    Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

    Terima kasih
    Salam

    BalasHapus
  2. Saya dari OTTOPAINT produsen cat untuk keperluan industrial dengan brand OTTO Paint.
    Otto paint mempunyai produk range sebagai berikut:
    1. Flooring Coating – Cat Epoxy Lantai
    2. Decorative Paint – Cat Dinding dan Plafon
    3. Protective and Marine Coating – Cat Steel Structure

    BalasHapus